TUGAS KELOMPOK
KEWIRUSAHAAN
“LAPORAN HASIL PENJUALAN PRODUK”
ANGGOTA KELOMPOK :
1.
RICE INDO PRAYOGO LUBIS (1218210025)
2.
ALEXANDRO RAVAEL MASKIM (1218210183)
3.
SYAHRUL RAMADHAN (1218210023)
S1 AKUNTANSI
UNIVERSITAS
PANCASILA
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
2019
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya
jualah kami dapat menyelesaikan laporan hasil penjualan ini tepat pada waktunya.
Sebagai
manusia biasa yang tidak pernah luput dari kesalahan, begitu juga halnya dengan
kami. Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan ini, baik dari segi penulisan
maupun isi. Kamipun menerima dengan lapang dada kritikan maupun saran yang
sifatnya membangun dari pembaca agar kami dapat membenahi diri.
Walaupun
demikian, kami berharap dengan disusunya laporan ini dapat memberikan sedikit gambaran bagaimana proses
penjualan dan praktek langsung kami kelapangan dalam berwirausaha.
Terimakasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Jakarta, 04 April 2019
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam menghadapi tantangan bisnis
termasuk menghadapi costumer, maka sebagai mahasiswa kita juga harus belajar
dalam memasarkan suatu produk. Dalam tugas untuk memenuhi mata kuliah
kewirausahaan ini, kami mencoba melakukan sebuah usaha sederhana untuk
mendapatkan pembelajaran menjadi seorang wirausahawan. Usaha yang kami jalankan
merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi kami
untuk masa yang akan datang. Saat ini usaha yang kami jalankan adalah mencoba
menawarkan produk makanan puding puyo dan minuman milky
jelly di lingkungan sekitar Universitas Pancasila.
B. Tujuan
Tujuan usaha ini bukan hanya
memenuhi tugas dan profit saja, melainkan juga mencari penekanan kepada
pengalaman sebuah proses wirausaha karena melalui pemasaran dan penjualan ini
kami dituntut untuk berinteraksi dengan orang banyak, bagaimana cara menawarkan
dengan baik dan sopan kepada konsumen, meyakinkankan konsumen agar membeli
produk yang kita tawarkan dan memberi penjelasan serta pelayanan terbaik agar
konsumen merasa puas
C. Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan disatu tempat dalam
waktu 1 hari, yaitu :
Hari : Jum’at 22 Maret 2019
Waktu : Jum’at 09.00-selesai
Tempat : Sekitar kampus Universitas Pancasila tepatnya
fakultas ekonomi dan bisnis (FEB)
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Proses Produksi
1. Puding Puyo
Dalam proses pembuatan puding puyo ini, kami melakukannya pada pagi
hari sebelum dijual dan dipasarkan. Bahan-bahan dibeli sebelum kami
mengerjakannya. Adapun bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat puding puyo ini adalah sebagai berikut :
-
2 bungkus
nutrijel plain
-
2 kaleng SKM
-
1 bungkus
tepung maizena
-
½ kg gula
-
perasa makanan
-
cup puding
2. Milky Jelly
-
24 bungkus
sachet pop ice (Varian Rasa)
-
2 bungkus susu kental
manis
-
50 pcs botol putih
polos 250 ml
-
2 bungkus cincau
B. Pemasaran
Proses
pemasaran yang kami lakukan yaitu dengan cara mepromosikan dan memasarkan langsung
kepada konsumen dan secara online. Dengan melakukan hal ini kami berusaha membujuk konsumen
agar tertarik pada produk kami sehingga pada akhirnya membeli produk yang kami
jual. Kebanyakan dari konsumen kami adalah Mahasiswa/i dan
dosen yang ada di sekitar kampus tersebut. Karena harganya yang relatif terjangkau dan
interaksi langsung pada konsumen, penjualan produk kamipun dapat berjalan lancar.
C. Penjualan
Kegaiatan
penjualan ini merupakan kegiatan inti dari proses transaksi, oleh karena itu
kegiatan penjualan terdiri dari serangkaian kegiatan seperti menentukan dan
menemukan pembeli guna menjual produk, proses menawari dan diakhiri dengan
proses pembayaran. Untuk produk makanan penjualan yang kami lakukan kebanyakan
pada mahasiswa/i
yang melintas sekitar kampus universitas pancasila (Semua fakultas)
D. Laporan Keuangan
1. Puding Puyo
-
Modal yang dikeluarkan :
Bahan-bahan
|
Jumlah
|
4 bungkus nutrijel plain @Rp. 5.000
|
Rp 20.000
|
2 bungkus SKM @Rp. 15.000
|
Rp 30.000
|
1 bungkus tepung maizena @Rp. 25.000
|
Rp 25.000
|
½ kg gula @Rp. 10.000
|
Rp 10.000
|
5 bungkus perasa makanan @5.000
|
Rp 25.000
|
Cup puding 50 pcs
|
Rp 15.000
|
Total
|
Rp 125.000
|
-
Harga produk
Kami
menjual produk kami dengan harga Rp. 5.000/cup + Promo (Beli 4 gratis 1) Rp. 20.000
Puding Puyo yang terjual habis ada 50 cup
jumlah yang terjual harga normal 30 cup @Rp. 5.000
Terjual harga promo 20 cup @Rp.
20.000
Total pendapatan:
|
Rp.
230.000
|
Modal awal yang dikeluarkan
|
Rp
(125.000)
|
Keuntungan penjualan
|
Rp
105.000
|
2. Milky jelly
-
Modal yang dikeluarkan:
Bahan-bahan
|
Jumlah
|
24 bungkus sachet pop
ice (varian rasa) @Rp. 2.000
|
Rp 48.000
|
2 bungkus susu kental
manis @Rp. 15.000
|
Rp 30.000
|
50 pcs botol putih polos
250 ml
|
Rp 80.000
|
2 bungkus cincau @Rp. 4.000
|
Rp 8.000
|
Es batu
|
Rp 5.000
|
Total
|
Rp 171.000
|
-
Harga produk
Milky Jelly yang terjual 47 buah dengan harga bervariasi
|
Rp 317.000
|
Modal awal yang dikeluarkan
|
Rp (171.000)
|
Keuntungan penjualan
|
Rp 146.000
|
- Biaya Sewa
Stand Rp. 120.000
Total pemasukan Rp. 547.000 – Total Pengeluaran
Rp. 416.000 = Rp. 131.000
2. Hasil dan Pembahasan
Kegiatan
ini kami lakukan agar mendapatkan pengalaman dan pembelajaran untuk menjadi
wirausaha. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi
mahasiswa khususnya kami, karena dengan melakukan kegiatan ini kami dapat
mengetahui bagaimana caranya menawarkan dan memasarkan suatu produk dengan
baik, dan kami bisa lebih banyak mengetahui cara berinteraksi dengan baik dan
sopan.
E. Analisis SWOT
1. Strenght (Kekuatan)
- Memiliki ciri khas tersendiri dari
produk lainnya
- Tempat penjualan yang strategis
- Harga cukup murah dan terjangkau
- Pelayanan yang memuaskan
2. Weakness (Kelemahan)
- Banyaknya pesaing
- Timing yang dipakai kurang tepat
- Kurangnya persiapan
3. Opportunity (Peluang)
- Digemari oleh sebagian besar mahasiswa/i
4. Threat (Ancaman)
- Banyaknya saingan
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari
kegiatan ini, kami menarik kesimpulan bahwa mahasiswa sangat memerlukan proses
pembelajaran seperti ini, yang bukan hanya teori saja tapi langsung praktek
kelapangan. Dengan hal ini kita bisa secara langsung merasakan bagaimana
berinteraksi pada konsumen, menawarkan dan menjual produk kepada orang lain.
Pengalaman ini bisa menjadi dasar ketika nanti kami akan membuka suau usaha.
Asal ada kemauan dan keinginan pasti kita bisa melakukannya, karena dalam dunia
bisnis modal bukanlah segalanya tapi skill juga sangat berperang penting.
B. Saran
Semoga
dalam perkuliahan kewirausahaan selanjutnya, kegiatan praktek lapangan ini
tetap bisa dilaksanakan dan lebih ditingkatkan lagi. Karena kegiatan seperti
ini sangatlah bermanfaat, agar mahasiswa memiliki bekal pengalaman ketika ingin
terjun langsung kedunia bisnis
0 komentar:
Posting Komentar